PENINGKATAN
QUALITY SERVICE PERPUSTAKAAN
Tulisan
selanjutnya penulis akan mengupas tentang pelayanan perpustakaan.Perpustakaan
bukan hanya sebuah gedung yang diisi dengan koleksi bahan pustaka dan ditunggu
oleh para pustakawan yang hanya diam jika tidak diperlukan dan bekerja jika ada
pemustaka yang datang.Dan bukanlah sebuah lembaga yang dibangun untuk memenuhi
standar untuk lembaga diatasnya yang lebih tinggi.Namun perpustakaan selain
dibangun dengan tata gedung serta tata konsep yang mewah maka pelayanannya pun
juga harus mewah pula.Pelayanan prima perpustakaan sendiri dapat diartikan
sebagai usaha yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dalam membantu
kebutuhan pemustaka dengan sikap profesional dan mampu memberikan nilai
keunggulan dengan sikap kompetitif yang sehat untuk mewujudkan visi universitas
sebagai academic excellence.Ada 3 komponen utama yang harus dimilki
perpustakaan dalam melaksanakan pelayanana prima:
-Pemberdayaan sumber
daya insani dam sumber daya non insani
-Pelayanan yang tidak bersifat menunggu
-pemberdayaan pemustaka.
-Pelayanan yang tidak bersifat menunggu
-pemberdayaan pemustaka.
Pelayanan yang
memuaskan akan menentukan apakah perpustakaan tersebut maju atau hanya pada
pada garis itu saja.Pelayanan yang memuaskan dapat dibagi dengan berbagai cara:
1.
Meningkatkan kemajuan teknologi informasi
untuk mempercepat dalam pelayanan contoh:penmenjaman atau pengembalian buku
tidak perlu menunjukan buku pada pustakawan pengguna cukup dengan menscan
buku pada alat yang disediakan dan kartu
anggota yang sudah diberi barcode.dengan otomastis maka buku yang discan maka
dengan mudahnya akan terbaca dan masuk pada data kartu anggota sesuai dengan
identiras pengguna.
Contoh
lain adalah penyediaan RFID(Radio Frequency Identification )
Tidak
dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi sudha sangat digemari oleh
masyarakat karena baerbagai tuntutan jaama,dan hal inipun juga harus diikuti
oleh sebuah perpustakaan.Perpustakaan harus terus berinovasi dalam
mengembangkan TI nya untuk pengguna.
2.
Pelayanan prima kepada pengguna.Banyk
hal yang bisa dilakukan oleh pustakawan kepada pengguna agra mreka bisa merasa
betah di perpustakan antara lain adalah:senyum yang ramah,jika penguna datn
bertanya jawab pertanyaannya dengan sopan dan ramha,jangan pernah melakukan
pekerjaan lain ketika menjawab pertanyaan pengguna.Perlakukan adil semua
pengguna yag datang tanpa memandang status sosial,status jabatan,status agama
dan status-status yang lain.Menyambut pengguna dengan salam yang ramah sehingga
ia merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh pustakawan.
Beberpa alasan mengapa
harus melayani dengan baik:
Dari
sisi pustakawan:
-
Tidak ada pelanggan tidak ada pekerjaan
-
Tidak ada pekerjaan tidak ada income
-
Supaya pemustaka datang lagi
-
Supaya pengunjung/pemustaka bertambah
banyak
-
Citra perpustakaan dan institusi akan
semkain baik
-
Kepuasaan pribadi
-
Bagian dari iman(perbuatan baik)
Namun ada beberapa hal
yang membuat situasi tidak kondusif diantaranya adalah:
-
Masih cukup banyak pegawai belum bekerja
sesuai aturan yang berlaku.
-
Pegawai dari seluruh tingkatan belum
terbiasa menyapa mahasiswa.
-
Senyum dari pegawai belum menjadi suatu
kebiasaan
-
Ketepatan dan kefektifan kerja blum
optimal
-
Produktifitas belum optimal
-
Cara berpakaian yang kadang masih
terlalu casual
-
Kebiasaan merokok pada jam kerja.
Ketika pelayanan telah
dilakukan maka perlu juga ada ukuran pelayanan prima.diantaranya adalah:
-
Responsiveness :kemauan untuk membantu
pelanggan dan menyediakan pelayanan yang sesuai dan tepat
- Assurance :keterjaminan pelayanan yang
menumbuhkan kepercayaan dan percaya diri pada pelanggan melalui tindakan yang
baik
-
Tangibles :penampakan
fisik,fasilitas,peralatan,ketersedian personil,dan alat komunikasi
-
Empati :kepedulian perhatian secara
individualisasi
-
Reliability :Kemampuan untuk menunjukkan
pelayanan secara tepat terhadap apa yang telah dijanjikan.
Setelah mengetahui
beberapa hal yang pelu diketahui ketika ingin mengembangkan layanan
perpustakaan maka semua harus selalu dilakukan oleh semua pustakawan yang
bekerja pada perpustakaan untuk mennjamin bahwa pelayanan perpustakaan tidak
hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja.Sekian tulisan dari saya semoga
dapat turut membantu dalam mengembangkan pelayanan perpustakaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar