Senin, 28 Mei 2012


PENINGKATAN QUALITY SERVICE PERPUSTAKAAN



Tulisan selanjutnya penulis akan mengupas tentang pelayanan perpustakaan.Perpustakaan bukan hanya sebuah gedung yang diisi dengan koleksi bahan pustaka dan ditunggu oleh para pustakawan yang hanya diam jika tidak diperlukan dan bekerja jika ada pemustaka yang datang.Dan bukanlah sebuah lembaga yang dibangun untuk memenuhi standar untuk lembaga diatasnya yang lebih tinggi.Namun perpustakaan selain dibangun dengan tata gedung serta tata konsep yang mewah maka pelayanannya pun juga harus mewah pula.Pelayanan prima perpustakaan sendiri dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dalam membantu kebutuhan pemustaka dengan sikap profesional dan mampu memberikan nilai keunggulan dengan sikap kompetitif yang sehat untuk mewujudkan visi universitas sebagai academic excellence.Ada 3 komponen utama yang harus dimilki perpustakaan dalam melaksanakan pelayanana prima:
-Pemberdayaan sumber daya insani dam sumber daya non insani
-Pelayanan yang tidak bersifat menunggu
-pemberdayaan pemustaka.
Pelayanan yang memuaskan akan menentukan apakah perpustakaan tersebut maju atau hanya pada pada garis itu saja.Pelayanan yang memuaskan dapat dibagi dengan berbagai cara:
1.      Meningkatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempercepat dalam pelayanan contoh:penmenjaman atau pengembalian buku tidak perlu menunjukan buku pada pustakawan pengguna cukup dengan menscan buku  pada alat yang disediakan dan kartu anggota yang sudah diberi barcode.dengan otomastis maka buku yang discan maka dengan mudahnya akan terbaca dan masuk pada data kartu anggota sesuai dengan identiras pengguna.
Contoh lain adalah penyediaan RFID(Radio Frequency Identification ) 
Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi sudha sangat digemari oleh masyarakat karena baerbagai tuntutan jaama,dan hal inipun juga harus diikuti oleh sebuah perpustakaan.Perpustakaan harus terus berinovasi dalam mengembangkan TI nya untuk pengguna.
2.      Pelayanan prima kepada pengguna.Banyk hal yang bisa dilakukan oleh pustakawan kepada pengguna agra mreka bisa merasa betah di perpustakan antara lain adalah:senyum yang ramah,jika penguna datn bertanya jawab pertanyaannya dengan sopan dan ramha,jangan pernah melakukan pekerjaan lain ketika menjawab pertanyaan pengguna.Perlakukan adil semua pengguna yag datang tanpa memandang status sosial,status jabatan,status agama dan status-status yang lain.Menyambut pengguna dengan salam yang ramah sehingga ia merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh pustakawan.
Beberpa alasan mengapa harus melayani dengan baik:
Dari sisi pustakawan:
-          Tidak ada pelanggan tidak ada pekerjaan
-          Tidak ada pekerjaan tidak ada income
-          Supaya pemustaka datang lagi
-          Supaya pengunjung/pemustaka bertambah banyak
-          Citra perpustakaan dan institusi akan semkain baik
-          Kepuasaan pribadi
-          Bagian dari iman(perbuatan baik)
Namun ada beberapa hal yang membuat situasi tidak kondusif diantaranya adalah:
-          Masih cukup banyak pegawai belum bekerja sesuai aturan yang berlaku.
-          Pegawai dari seluruh tingkatan belum terbiasa menyapa mahasiswa.
-          Senyum dari pegawai belum menjadi suatu kebiasaan
-          Ketepatan dan kefektifan kerja blum optimal
-          Produktifitas belum optimal
-          Cara berpakaian yang kadang masih terlalu casual
-          Kebiasaan merokok pada jam kerja.

Ketika pelayanan telah dilakukan maka perlu juga ada ukuran pelayanan prima.diantaranya adalah:
-          Responsiveness :kemauan untuk membantu pelanggan dan menyediakan pelayanan yang sesuai dan tepat
-    Assurance :keterjaminan pelayanan yang menumbuhkan kepercayaan dan percaya diri pada pelanggan melalui tindakan yang baik
-          Tangibles :penampakan fisik,fasilitas,peralatan,ketersedian personil,dan alat komunikasi
-          Empati :kepedulian perhatian secara individualisasi
-          Reliability :Kemampuan untuk menunjukkan pelayanan secara tepat terhadap apa yang telah dijanjikan.
Setelah mengetahui beberapa hal yang pelu diketahui ketika ingin mengembangkan layanan perpustakaan maka semua harus selalu dilakukan oleh semua pustakawan yang bekerja pada perpustakaan untuk mennjamin bahwa pelayanan perpustakaan tidak hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja.Sekian tulisan dari saya semoga dapat turut membantu dalam mengembangkan pelayanan perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar