Minggu, 10 Juni 2012


PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI


           Disini saya mengulas kembali materi kuliah pelayanan perpustakaan.
Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berjalan dengan pesat. Berbagai kemudahan seseorang atau sekumpulan orang dalam mencari informasi dengan mudah dan cepat bahkan dalam hitungan detik saja. Dalam pemanfaatan teknologi informasi diharapkan mampu meningkatkan daya pikir dan kreativitas seseorang. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan dan kemajuan teknologi informasi telah mendorong perpustakaan sebagai pengelola dan sumber informasi harus mampu memberikan pelayanan yang memadai dengan menyediakan informasi yang benar-benar relevan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
            Dalam hubungan ini teknologi informasi dapat dimanfaatkan di perpustakaan dalam pengelolaan informasi berbasis komputer demi kepentingan masyarakat. Selain itu penggunanaan teknologi informasi diperpustakaan bertujuan untuk meningkatkan efesiensi pekerjaan dan kualitas pelayanan kepada pengguna (right information, right user dan right now) yang artinya perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan informasi yang tepat pada, pada pengguna yang tepat dan waktu yang cepat. Hal ini dapat terlaksana dengan baik apabila perpustakaan tersebut dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan.
            Peran perpustakaan dalam teknologi informasi telah dimanfaatkan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi. Dan sekarang telah berkembang menjadi perpustakaan sebagai pusat komunitas maksudnya masyarakat dapat berkumpul diperpustakaan dalam rangka menambah atau pengembangan ilmu pengetahuan melalui berbagai aktivitas keilmuan atau sosial.
            Penerapan teknologi diperpustakaan dapat dilihat dari koleksi perpustakaan, misalnya bahan cetak, printer, paper material, DVD, internet, web, komputer, microfilm, Cdroom dan lain- lain. Adapun fungsi dari penerapan teknologi informasi diperpustakaan yaitu sebagai sistem manajemen perpustakaan misalnya katalog, pengadaan, sirkulasi, pendaftaran anggota, inventaris, statistik atau disebut juga otomasi perpustakaan. Dan sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital atau sering dikenal dengan perpustakaan digital.
            Keuntungan penerapan Teknologi informasi di perpustakaan yaitu mempermudah dan mengefisienkan pekerjaan pengelolaan perpustakaan, memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna, meningkatkan citra perpustakaan dan pustakawan, mengembangkan infrastruktur regional nasional dan global.
            Penerapan Teknologi Informasi dapat digunakan dalam bidang sirkulasi yang dapat meliputi banyak hal diantaranya adalah layanan peminjaman, pengembalian, statistik pengguna, administrasi anggota dan lain-lain. Ini bisa dilihat dari fasilitas pada layanan referensi dan layanan journal yang dapat dilihat dari tersedianya kemudahan dalam akses dalam penelusuran elektronik.
            Layanan perpustakaan berbasis teknologi dapat diterapkan disemua bagian perpustakaan. Itu semua tergantung bagaimana dan apa kebutuhan pengguna dan juga perpustakaan. Penggunaan teknologi informasi dalam bidang layanan perpustakaan ini memang sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan lagi.
sumber dari tulisan saya ini dari dosen pelayanan pemakai waktu menerangkan dikelas, maaf jika ada kesalahan atau kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar