Minggu, 03 Juni 2012


Otak Pada Saat Sedang Tidur

Tahukah sobat bahwa pada saat kita sedang tidur selama sepertiga malam. Otak kita akan merasakan segar kembali pada waktu bangunnya. Kenapa demikian?? Apa yang dilakukan otak ketika kita sedang tidur??



Setelah saya mencari informasi mengenai artikel yang sedang saya bahas saat ini, ternyata sobat ada seorang Psikolog yang bernama Giulio Tononi dari University of Wisconsin-Madison yang menemukan jawaban bahwa apa yang di lakukan otak kita ketika kita sedang tidur.

Menurut teori dari Giulio Tononi, ketika kita sedang tidur otak akan melakukan reset memutuskan semua koneksi yang terjadi pada apa yang terjadi sebelum kita tidur, hal ini mengakibatkan ketika kita terbagun dari tidur membuat keaadan otak kita menjadi segar kembali sehinga mampu menapung segala bentuk informasi terbaru.

Ketika tidur otak kita memiliki Gelombang  activitiy yang sangat kuat sehinga Tononi berpikir bahwa  otak ‘memusnahkan’ tayangan yang tidak perlu. Hal ini sama seperti ketika kita mereboot komputer sehinga saat reboot komputer akan membersihkan files yang tidak perlu sehinga setelah rebort komputer akan kembali normal.

“Otak melakukan ini untuk membersihkan impresi yang tak diperlukan,”

Tidur juga penting untuk mengkonsolidasikan kenangan baru, dan untuk memungkinkan otak untuk ‘melupakan’ ingatan yang dibutuhkan sehingga masih ada ruang untuk ingatan baru.

Sekarang dah tau khan kenapa otak kita akan merasakan segar kembali pada waktu bangun tidur, jadi kalau sobat merasakan sedikit pusing atau capek, mending di buat tidur aja. Tapi jangan terlalu sering begadang sobat, nanti otak kita bisa merasakan stress karena kurangnya istirahat akibat aktifitas kita seharian penuh..

Sumber : http://palingseru.com/10346/ketika-tidur-otak-kamu-akan-lepas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar