Jumat, 08 Juni 2012

Perpustakaan Pribadi di Rumah? 

Bisa gak yahh??



Oleh: Ervita Anggi Permata Sari


Adakah diantara kalian yang pengen punya perpustakaan pribadi di rumah sendiri? Apakah kalian anggap itu hanya mimpi? Jangan kawatir, mimpi itu bisa jadi kenyataan kok klo kita mau. Perpustakaan adalah tempat yang tidak asing bagi semua orang, tapi masih banyak orang yang tidak mau memanfaatkannya. Memiliki perpustakaan pribadi adalah hal yang paling menyenangkan bagi orang yang gemar membaca. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah Anda. Ingin tahu?? Mari baca tulisan ini lebih dalam lagi….


Membaca adalah aktivitas yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Mereka tanpa sadar bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca. Bagi orang yang gemar membaca, pasti memiliki banyak koleksi yang disimpan. Terkadang Mereka gak tahu harus menaruh dimana koleksinya dan hasilnya adalah berserakan dimana-mana. Solusi dari hal itu adalah membuat perpustakaan pribadi dirumah. Gak butuh bujet besar untuk mendirikan Perpustakaan pribadi dirumah. Caranya adalah dengan:
   1.    Pilih tempat yang nyaman untuk membuat Perpustakaan Pribadi supaya bisa dijadikan tempat favorit baik bagi Anda, Keluarga maupun Teman-teman Anda yang berkunjung kerumah Anda. Pilih ruangan yang sering dilalui orang dan memiliki akses kemana saja. Kalau Anda memilki taman disekitar rumah Anda, ada baiknya Perpustakaan Pribadi yang akan Anda dirikan juga memiliki akses kesana. Karena kesan sejuk yang ada di taman akan menambah nyaman bagi orang yang membaca kesana.
2.    Aturlah pencahayaan yang cukup di Perpustakaan Pribadi Anda, karena itu sangat berpengaruh bagi Anda ketika membaca.  
3.    Beli rak buku sesuai dengan kebutuhan Anda. Apapun jenis rak yang akan gunakan, pastikan itu aman untuk koleksi Anda maupun Anda sendiri. Letakkan rak tersebut dengan rapi agar tidak terlihat sumpek dan penuh. Anda juga dapat mendesign sendiri bagaimana bentuk rak buku yang cocok untuk koleksi-koleksi Anda.
4.    Untuk menambah koleksi, anda dapat mencari buku yang gak mahal tapi memiliki kualitas bagus. Anda dapat membeli buku langsung ke agen atau ketoko buku yang menawarkan diskon lumayan mahal. Selain itu, sisihkan beberapa rupiah dari penghasilan anda untuk menambah koleksi Perpustakaan anda.  
5.    Susunlah klasifikasi dari koleksi-koleksi Anda. Jika Anda tidak mengetahui tentang pengklasifikasian seperti di Perpustakaan pada umumya, Anda dapat mengelompokkan koleksi Anda sesuai dengan jenis koleksi atau disiplin ilmu dari koleksi yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat mengkasifikasi koleksi yang Anda miliki secara alfabetis. Hal-hal diatas itu akan memudahkan Anda dalam menemukan kembali koleksi yang Anda miliki.
6.    Rawatlah buku yang Anda miliki dengan benar agar koleksi yang Anda miliki dapat awet. Bersihkan rak buku dan koleksi Anda agar koleksi Anda tidak berdebu dan berjamur karena hal itu akan merusak buku yang Anda miliki.

Itulah beberapa referensi untuk Anda yang ingin punya Perpustakaan Pribadi karena mempunyai banyak koleksi yang kurang terawat karena berserakan dimana-mana. Selamat Mencoba bagi Anda semua.

Salam Pustakawan…… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar