Jumat, 08 Juni 2012

WEB SITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN


            Perpustakaan merupakan salah satu lembaga/ institusi penyedia informasi dimana keberadaannya itu mampu membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dimana kegiatan yang ada diperpustakaan selalu mengandung nilai pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan dan penunjang untuk penelitian. Oleh karena itu perpustakaan diharapkan untuk memenuhi harapan pemustaka dalam memperoleh informasi atau data yang dibutuhkan. Kebanyakan dari pemustaka menginginkan informasi yang cepat, akurat, tepat, mudah, murah dan spesifik. Sikap ini yang harus disikapi oleh para pustakawan dalam menyediakan kebutuhaan masyarakat yang sesuai dengan keinginannya.
            Pada dasarnya pengguna perpustakaan itu datang bila ada keperluan dalam mencari informasi saja dan adanya rasa ketertarikan. Keperluan dalam mencari informasi yang dimaksud hanya mencari data atau informasi yang benar- benar dibutuhkan saat itu juga. Dan yang dimaksud rasa ketertarikan disini, ketertarikan terhadap tempat, lingkungan, koleksi, pelayanan. Dari rasa ketertariakan tersebut dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan agar pemustaka untuk datang kembali.
            Ditengah ledakan teknologi informasi internet, jumlah peminat untuk datang ke perpustakaan semakin berkurang dan fungsi dari perpustakaan juga mulai terancam. Para pengguna kini dapat mencari informasi tanpa perlu datang keperpustakaan dan pemustaka dapat mandiri tanpa bantuan dari pustakawan. dari fenomena tersebut perpustakaan sebagai lembaga/ institusi penyedia dan pengelola informasi harus dapat mempertahankan eksistensinya dengan melakukan kegiatan promosi untuk menarik minat kunjung pemustaka. Menarik minat kunjung merupakan slah satu layanan yang harus diberikan kepada pemustaka.
            Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan, memperkenalkan langsung kecalon pemustaka atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan agar terdapat rasa ketertarikan. Perpustakaan perlu melakukan kegiatan promosi dengan tujuan agar perpustakaan tersebut diketahui banyak orang, dikenal, didatangi dan dimanfaatkan. Selain itu untuk memperkenalkan koleksinya dengan menggunakan media yang aksesbilitasnya tinggi dan luas dan meningkatkan akses pemustaka terhadap informasi yang diperlukan.
            Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan promosi yaitu dengan media oral, media cetak dan media elektronik. Promosi dalam bentuk oral dapat dilakukan dengan berbicara langsung atau berhadapan dengan pemustaka dalam konsep memperkenalkan langsung. Promosi dalam bentuk media cetak dapat dibuat dalam bentuk leaflet, selebaran dan lain-lain. Media elektronik, promosi perpustakaan dapat melalu website ataupun jejaring sosial.
            Dari uraian diatas untuk menunjang promosi perpustakaan diperlukan adanya teknologi yaitu hardware dan software, sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional dimana harus mampu mengatur dan menata informasi sedemikian rupa sehingga pemustaka merasa puas dengan berbagai olahan dan sajian informasi, untuk itu perlu adanya tuntutan untuk menambah keahlian. Serta manajemen informasi yang selalu update.
Sumber: http://librarian.web.id/seo-promosi-perpustakaan/ diakses tanggal 3 Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar