Kamis, 14 Juni 2012

PUSTAKAWAN INDONESIA PASTI BISA


Perkembangan teknologi informasi saat ini telah mempengaruhi semua bidang, tidak terkecuali perpustakaan. Sebab perpustakaan merupakan tempat penyedia informasi dan sumber pengetahuan. Oleh karena itu perpustakaan harus dapat mengikuti perkembangan agar perpustakaan tetap eksis di bidangnya. Saat ini sudah banyak negara- negara maju membangun perpustakaan yang sesuai perkembangan zaman, misalnya saja perpustakaan yang ada di chicago university, mungkin apabila anda kesana akan tercegang antara kagum dan tidak percaya. Perpustakaan ini mungkin akan menjadi perpustakaan tercanggih saat ini karena semua koleksi buku mereka disimpan di dalam tanah. Sedangkan untuk meletakkan dan menaruh buku semuanya dikerjakan dengan komputer dan robot.
            Pustakawan di Indonesia jangan kalah dengan negara- negara maju. Pustakawan Indonesia harus berfikir inovatif dan kreatif bagaimana caranya agar perpustakaan bisa di nikmati oleh semua kalangan dan pemustaka mendapatkan kepuasaan. Namun perpustakaan yang ada di Indonesia hanya beberapa yang sudah memenuhi persyaratan, maksudnya dalam hal fasilitas, koleksi dan SDM. Mungkin itu hanya dapat ditemukan di daerah yang sudah maju. Coba kita lihat ke daerah desa maupun daerah pedalaman. Melihatnya saja sangat menyedihkan, karena kebanyakan di perpustakaan desa dan daerah pedalaman kurang terurus dan akhirnya terbelangkai. Koleksi yang sudah lama, fasilitas apa adanya dan tidak adanya petugas yang asli seorang pustakawan, kebanyakan petugas yang ada disitu petugas suka relawan.
            Ini merupakan tugas dari seorang pustakawan dan juga saya sendiri. Kalau Indonesia menginginkan negara untuk maju maka masyarakat Indonesia harus gemar membaca. kita dapat mencontoh dari negara- negara maju, bagaimana cara mereka mendirikan negaranya seperti itu. Saya pernah mendengar bahwa negara jepang saat terjadi bom atom yang telah menelan beberapa ribu orang itu. Yang pertama kali di tanya oleh Presiden saat itu adalah berapa jumlah guru yang masih hidup. Dan ada lagi contoh ini dari negara Amerika, ada seorang perawat asal Amerika yang mengabdikan dirinya untuk memajukan pendidikan di daerah- daerah terpencil di Pakistan yang saat itu negara Pakistan sedang mengalami kekacauan dan peperangan. Dengan menggalang dana ratusan dolar dari para dermawan di seluruh dunia. Dia melakukannya demi sebuah janji dan keyakinan dalam dirinya bahwa perempuan yang berpendidikan akan mengubah masyarakat secara menyeluruh.
            Kesimpulannya dari cerita di atas, apabila negara Indonesia menginginkan negaranya untuk maju yaitu caranya dengan mengolah pendidikan di Indonesia dengan benar. Cerita di atas mungkin sekilas tidak sesuai dengan pustakawan tapi dibalik semua itu pasti ada keterlibatan antara pustakawan dan perpustakaan. Perpustakaan juga merupakan tempat pendidikan, di negara maju perpustakaan sangat di junjung tinggi keberadaannya namun di Indonesia sebaliknya. Untuk itu  pustakawan harus bisa memberikan informasi, referensi dan dukungan penuh untuk memajukan masyarakat Indonesia. Mendirikan perpustakaan di daerah terpencil, mengajari dan memberi motivasi kepada masyarakat untuk lebih maju.
            Ayo...semangat pustakawan, mari kita majukan negara Indonesia........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar