Sabtu, 02 Juni 2012

Waspada "Virus Pustakawan"……


 Oleh Ervita Anggi Permata Sari (D1810032)


Virus merupakan suatu penyebab penyakit yang dapat terjadi pada seseorang dan bisa saja menularinya kepada orang lain. Tapi jangan salah pengertian dulu. Virus yang bakal dibahas disini bukan virus seperti halnya Virus Penyebab Flu, Cacar  ataupun Virus H5N1. Virus yang bakal dibahas disini adalah virus yang sering menyerang para Pustakawan yang bekerja di Perpustakaan. Ingin tahu apa saja Virus yang dapat menyerang para Pustakawan? Ingin tahu juga gimana pencegahannya gak? Kalo iya, silahkan lanjutkan membaca Atikel dibawah ini. This is it…..
Virus yang akan dibahas disini bukan virus dalam arti leksikal, tapi merupakan virus yang berupa penyakit hati yang dihadapi oleh seseorang (Penyakit hati disini bukan berarti Hepatitis lho yaahhh…..). Ada beberapa macam virus yang dapat menjangkit pustakawan dan berpotensi untuk menularkanya kepada pustakawan yang lainnya. Salah satu sumber (Djunaidi dan Ahmad, 2001: 30) menyebutkan bahwa virus yang dapat menjangkit pustakawan antara lain sombong, angkuh, hasud, iri, dengki dan ria’.
Seorang Pustakawan yang terjangkit virus ini akan menjadi orang yang egoistis, pemalas, merasa lebih baik dari semua orang, tidak suka melihat orang lain lebih baik dari dirinya, suka meremehkan orang lain, kurang disiplin dan masih banyak lagi sikap yang akan timbul karena virus ini. Hal ini akan menjadi lebih parah jika Pustakawan yang terjangkit Virus tersebut dengan sengaja menularkannya kepada Pustakawan lain bukan berusaha untuk mengobati penyakitnya itu. Pustakawan yang terjangkit virus ini akan memberikan pelayanan yang kurang maksimal di Perpustakaan dimana Dia bekerja. Hal itu akan berakibat buruk bagi citra Perpustakaan karena akan timbul berbagai macam keluhan dari para pemustaka maupun rekan kerjanya.
Penularan virus ini dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain bergaul dengan orang yang memberikan pengaruh positif bukan negative, bersemangat dalam menjalankan pekerjaan, berfikir positif, tidak tergoda dengan godaan yang menghampiri,dan menyadari bagaimana keadaan dirinya.
Untuk itu, Setiap Pustakawan harus dapat membentengi dirnya dari penularan Virus-virus yang siap untuk menyerang kapan saja dan dimana saja. Agar dapat menjadi Pustakawan yang Profesional dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dapat memberikan pelayanan jasa yang maksimal kepada pengguna (Pemustaka) dan Kepuasan pengguna dapat terpenuhi serta dapat meminimalisir keluhan yang di terima dari Pengguna. Mari kita Basmi Virus-virus yang siap menyerang. Semangat….
Salam Pustakawan........


Bakri, Sudirman. 2010. Virus Pustakawan : Dampaknya dalam Meraih Prestasi. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca Vol. 26 (1) No. 2 Juli – Desember 2010. Palembang: UPT. Perpustakaan Universitas Sriwijaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar