Minggu, 03 Juni 2012

Seandainya Jadi Kepala Perpustakaan, 

Mau Ngapain Yahhh??


www.google.com


Oleh Ervita Anggi Permata Sari (D1810032)


Siapakah Pustakawan yang gak ingin jadi Seorang Kepala Perpustakaan? Silahkan angkat tangan…… hehehe. Mungkin ada juga siihhh Pustakawan yang gak mau jadi Kepala Perpustakaan, walaupun kemungkinan itu hanya minoritas. Tapi jangan asal ingin saja, tapi harus berusaha juga. Menjadi seorang Kepala Perpustakaan itu gak mudah. Ada tanggungjawab besar yang harus di pikul oleh Mereka. Ingin tahu apa yang dilakukan Penulis jika jadi Kepala Pustakawan? Silahkan Baca tulisan ini…

            Apakah Kepemimpinan itu? Kepemimpinan itu merupakan suatu proses untuk menciptakan sebuah perubahan kondisi yang yang berbeda dari sebelumnya untuk mencapai sesuatu yang diharapkan. Setiap Orang berhak untuk menjadi Pemimpin. Pemimpin yang baik adalah Pemimpin yang dapat bertanggungjawab atas segala tindakan yang talah di putuskannya dan bersama dengan staff-nya harus mampu memajukan Perpustakaan dimana mereka bekerja. Pemimpin yang baik juga harus dapat mendukung dan menghargai setiap pekerjaan positif yang dilakukan oleh staff.
            Seandainya Saya menjadi Seorang Kepala Perpustakaan, hal Pertama yang akan Saya lakukan adalah menegaskan kepada semua orang terutama para calon Pustakawan bahwa Pustakawan bukanlah orang terbuang di suatu Institusi (Organisasi). Pustakawan adalah orang yang paling berjasa bagi setiap orang yang berburu informasi yang mereka butuhkan. Perpustakaan bukan lagi sebagai tempat orang buangan tapi sebuah gudang Informasi.
Hal kedua yang akan Saya lakuakan adalah membuat Perpustakaan menjadi tempat favorit bagi semua orang. Sehinga semua orang nyaman untu datang ke Perpustakaan. Mereka boleh menggunakan pakaian apapun, bahkan sandal jepit sekalipun sehingga semua lapisan masyarakat dapat memanfaatkannya. Menyediakan ruang baca dengan susasana yang segar, nyaman dan tidak monoton seperti yang ada di Perpustakaan pada umumnya, mugkin seperti sebuah taman. Dengan memberikan pelayanan dengan semangat kepada Pemustaka, diharapkan Pemustaka dapat merasakan kepuasan dan datang kembali ke Perpustakaan.
www.google.com
Hal yang selanjutnya akan Saya lakukan jika menjadi seorang Kepala Perpustakaan adalah memberikan perintah kepada para staff, dalam hal ini Pustakawan untuk memberikan pelayanan sebaik dan seramah mungkin. Jika ada Pustakawan yang memberikan pelayanan tanpa memberikan senyuman kepada Pemustaka, maka akan diberi peringatan-peringatan yang akan di evaluasi setiap bulannya. Untuk itu, sebagai Kepala Perpustakaan saya akan mengadakan pelatihan kepada Pustakawan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada Pemustaka. Agar tidak ada Pemustaka yang dicemberuti bahkan dimarahi oleh Pustakawan karena Pelayanan yang kurang memuaskan. Selain itu, dengan diadakannya pelatihan, Pustakawan harus memiliki kemampuan untuk menelusur informasi yang update dan dari sumber yang terpercaya.  
Hal terakhir yang akan ingin Saya lakukan adalah menegaskan kepada masyarakat bahwa Perpustakaan bukan hanya gudang penyimpanan buku-buku. Dengan perkembangan teknologi dan informasi sepreti saat ini, masyarakat lebih suka mencari informasi di internet dari pada datang Ke Perpustakaan. Masyarakat menganggap bahwa informasi yang ada di internet itu benar semua. Tapi mereka salah. Dengan datang ke Perpustakaan, Pemustaka dapat memperoleh informasi yang terpercaya karena Pustakawan dapat mencarikan informasi yang dibutuhkan oleh Pemustaka.
Itulah beberapa hal yang akan Saya lakukan jika saya menjadi Kepala Perpustakaan. Masih ada banyak hal yang ingin saya lakukan jika menjadi seorang Kepala Perpustakaan. Mungkin aka nada di artikel-artikel Saya selanjutnya. Jadi…. Jika Anda menjadi seorang Kepala Perpustakaan, apa yang akan Anda Lakukan?? Anda bisa Share disini jika mau…. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.
Salam Pustakawan…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar