Selasa, 12 Juni 2012

RUANG MAJALAH UNS? 
Ada apa saja ya??


Oleh Ervita Anggi Permata Sari


Apakah Anda Tahu Tentang Ruang Majalah Perpustakaan UNS? 
Layanan Perpustakaan adalah pemberian informasi kepada pengguna atas informasi yang dibutuhkannya.  Layanan Ruang majalah di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret sering disebut dengan Ruang Penelusuran Informasi. Layanan di Ruang ini terdapat Koleksi yang bersifat barkala atau berseri atau jurnal. Sistem layanan Ruang Majalah di Perpustakaan ini menggunakan sistem pelayanan semi terbuka atau tertutup. Dikatakan seperti itu karena disini Pengguna dapat mengambil sendiri koleksi yang diinginkan. Koleksi pada sistem layanan ini tidak dapat di bawa pulang oleh Pengguna, Pengguna dapat mem-fotocopy koleksi yang ada di dalam layanan Ruang Majalah ini.
Di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Ruang Majalah ini terdapat di Lantai satu  Barat. Di Ruang tersebut  terdapat 3 jenis koleksi yang dimiliki, antara lain Surat Kabar, Majalah dan Jurnal.
a.    Surat Kabar
Di layanan Ruang Majalah UPT Perpustakaan Sebelas maret terdapat 10 Jenis Surat Kabar, antara lain Kompas, Solo Pos, Joglo Semar, Jakarta Pos, Jawa Pos, Bisnis Indonesia, Peluang usaha, Bola, Kedaulatan Rakyat, Komunika, Seputar Indonesia, Diaolg Umat, dan TA Tabloid.  Koleksi Surat Kabar yang ada di bagian ini mulai dari tahun 2006 samapi sekarang. Input data pada Koleksi Surat kabar ini masih menggunakan sistem manual. Koleksi surat kabar yang masuk setiap harinya di registrasi terlebih dahulu, yaitu dengan memberi cap dan tanggal pada masing-masing koleksi. Koleksi yang ada dikelompokkn setiap bulan kemudian dikelompokkan kembali setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam penelusuran informasi dan menemukan koleksi sendiri. Koleksi surat kabar ini terdapat di sebelah kanan dari pintu masuk Ruangan atau sebelah kiri dari tempat pustakawan bekerja. Surat Kabar yang sudah tidak dipakai (Out date) akan di gudangkan atau di jual jika ruang sudah tidak terpenuhi. Dalam proses penggudangan ini harus ada surat berita acara yang di serahkan kepada Kepala Perpustakaan.

b.    Majalah
Di layanan ruang mjalan UPT Perpustakaan Sebelas Maret terdapat 12 nama Majalah, antara lain Trans, Pengawasan, Sinar, Pain, Weekender, Properti, Dimensi, IM Telkom, Tempo, Nirmala, Traveler, SWA, Data dan Informasi, Success, Genta Pustaka, Overseas Education Guide, Warta BPK, Intisari, National Geographic, Caraka Tani, Gemari, Mutual, dsb.  Sama seperti pada Koleksi Surat Kabar, Input data pada Koleksi Majalah ini juaga masih menggunakan sistem manual. Majalah yang ada bisa dijilid secara berutan menurut volume dan sesuai dengan nama Majalah. Penjilidan ini dapat dilakukan perpustakaan setiap tahun. Sebelum penjilidan dilakukan, perlu diperikasa apakah koleksi yang ada sudah lengkap atau belum. Jika belum lengkap, pihak perpus harus melakukan konfirmasi atau komplain ke penerbit  untuk mencari edisi yang belum ada. Jika pihak penerbit tidak sangggup untuk mencarikan edisi yang tidak ada, maka Penjilidan dilakukan dengan koleksi seadanya. Proses penjilidan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar koleksi tidak hilang.

c.    Jurnal
Di layanan ruang majalah UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret terdapat banyak nama jurnal dari berbagai disiplin ilmu. Berikut adalah beberapa nama jurnal yang ada di layanan Ruang Majalah:
1.    Journal of Pain and Symptom Management (Kedokteran)
2.    Jurnal Riset Akuakultur (Kelautan dan Perikanan)
3.    Jurnal Argo Ekonomi (Pertanian)
4.    Jurnal Hukum Pantarai (hukum)
5.    Jurnal Study Pengembangan Interdisiplin (Sosial, Politik, Komunikasi)
6.    Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca (Perpustakaan)
7.    Jantra: Jurnal Sejarah dan Budaya (Sejarah dan Budaya)
8.    Journal of Chemical Education (MIPA)
9.    MESIN: Jurnal Teknik Mesin (Teknik)
10. Media Teknik Sipil (Teknik)

Berbeda dengan Koleksi Surat Kabar dan Majalah, Input Koleksi Jurnal menggunakan sistem digital atau menggunakan sistem OPAC. Jurnal yang ada di layanan Ruang Majalah ini sebagian besar berasal dari hadiah dan beberapa pembelian. Koleksi Jurnal juga perlu dilakukan penjilidan untuk mempermudah pengguna dalam menemuan koleksi. Sistem yang digunakan dalam penjilidan sama dengan sistempenjilidan pada koleksi majalah. Yaitu sesuai dengan volume dan pertahun. 


            Ada beberapa Prosedur di dalam layanan Ruang majalah di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, antara lain:
1.    Untuk mencari Koleksi Jurnal, Pengguna dapat mencari Koleksi di Komputer yang telah disediakan melalui sistem UNSLA.
2.    Setelah mendapatkan informasi tentang Koleksi yang dicari, Pengguna dapat menulis nama yang di perlukan untuk mempermudah pencarian judul artikelnya.
3.    Pengguna boleh melakukan pencarian buku sendiri di rak yang sudah ada.
4.    Jika ingin mem-fotocopy koleksi, Pengguna harus meminta ijin kepada petugas dan mengisi buku tamu terlebih dahulu sebelum mem-fotocopy-nya.
5.    Setelah selesai, pengguna tidak perlu mengembalikan sndiri koleksi di rak, cukup menaruhnya di meja.
6.    Untuk mencari koleksi Majalah, pengguna dapat langsung menuju rak majalah yang ada di samping koleksi Jurnal.
7.    Untuk mencari koleksi Surat Kabar, Pengguna dapat langsung menuju ke rak yang ada di sebelah kiri meja pustakawan. koleksi dikelompokkan berdasarkan nama Surat Kabar. Koleksi dalam 1 bulan ada di rak terbuka sedangkan koleksi bulan-bulan sebelumnya ada di rak tertutup dan sudah dibendel dalam satu tahun.

Sekarang sudah tahukan bagaimana layanan ruang majalah Perpustakaan UNS? kalau ingin mencari informasi yang berhubungan dengan ruang majalah, datang saja ketempat tersebut. OK.... 

Salam Pustakawan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar