Minggu, 10 Juni 2012

Perpustakaan Pribadi “Unique”…. 

Mana Saja Yahhh?


Oleh Ervita Anggi Permata Sari


Setelah Kemarin Saya menulis tentang bagaimana cara memiliki Perpustakaan Pribadi Dirimah Sendiri, kini Saya akan memberikan Referensi, mana saja Perpustakaan Pribadi yang Saya anggap “Unique”. Yang Saya maksud Unique disini adalah perpustakaan dengan Design-nya tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Mau tahu mana saja Perpustakaan Pribadi Unique yang Saya akan perkenalkan? This is it….
Anda dapat mendesign sendiri Perpustakaan Pribadi yang anda miliki dirumah sesuka hati anda. Mengingat banyaknya designer interior yang siap membantu anda dan tukang perabot yang siap mempercantik perpustakaan anda, kenapa gak anda manfaatkan?
Ada beberapa Perpustakaan Pribadi Unique yang akan Saya perkenalkan, antara lain:
1.    Perpustakaan pengusaha Amerika Serikat Jay Walker
Ada beberapa hal yang menarik dari setiap sisi Perpustakaan ini, antara lain terdapat Jay’s Anatomy, Planetarium, Lampu Kristal seperti di film James Bond Die Another Day, Reding Room, dan Gadget Lab.
2.    Perpustakaan desainer fashion Karl Lagerfeld
Karl Lagerfeld adalah seorang designer dengan personal style statement long ponytail. Beliau memiliki Perpustakaan yang terletak di dalam Townhouse bernuansa 18th-century Paris yang berisi beribu-ribu Fashion and Contume History Books. Bagi penggila fashion pasti jadi rajin baca buku nih…

3.    Perpustakaan kreator film Star Wars George Lucas
Skywalker Ranch Library adalah sebutan bagi perpustakaan yang dimiliki oleh Jay Walker. Menurut sebuah sumber, koleksi yang ada disana berupa buku-buku tentang budaya, sejarah, geografi dan dunia. Ini adalah Perpustakaan kerja yang digunakan Beliau untuk penelitian ide-ide film baru yang akan dibuatnya.

4.   Perpustakaan di tangga ke loteng di London, didesain Levitate Architects
Perpustakaan ini terletak di loteng apartemen sewaan veronica dan Sebastian di sebuah tempat di London. Perpustakaan bergaya hemat ruang ini dibuat pada  tangga yang menuju ke loteng apartemen Mereka. Levitate Architects memberi solusi cerdas penyimpanan buku kepada pemilik apartement itu. Buku-buku disusun disepanjang tangga menuju kamar paling atas di apartemen itu. Dan jadilah The Amazing Staircase
5.  Perpustakaan di Kosta Rika yang didesain Gianni Botsford
Perpustakaan yang di design oleh Gianni Botsford di Cahuita, Costa Rica. Perpustakaan ini terletak di sebuah pavilion yang menyatu dengan sekitarnya, baik visual maupun lingkungannya. Perpustakaan ini eseluruhan terbuat dari kayu, tapi tetap dengan menggunakan pondasi beton.  Elevasi atap bernada mono menuju pantai laut, sementara dari bagian dalamnya kita dapat melihat pemandangan yang luas yang ada didepannya.


6.    Perpustakaan rumah di California rancangan Sally Sirkin Lewis
Di Perpustakaan Pribadi Carmel Valley California ini, Designer Sally Lewis Sirkin mendesign rumah dengan perpustakaan yang dikelilingi oleh rak-rak disetiap dindingnya dan menambahkan pintu bergaya Perancis serta dilengkapi dengan Kursi Confort Le Grand Corbusier.


7.    Perpustakaan pribadi bergaya industrial di Paris, Prancis
Di sini, Isabelle Puech dan Benoit Yamin mengungkapkan kreativitas mereka dan rasa campuran dengan membayangkan rak pada dua tingkatan yang dicapai dengan tangga spiral dinyalakan oleh Napoleon III dan lampu Kristal.


            





Gimana kawan? Sudah cukup terinspirasi untuk bikin Perpustakaan Pribadi dirumah? Siap bikin gak? Lanjutkan kretifitas Kalian!

            Salam Pustakawan….. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar