Minggu, 03 Juni 2012

OUTOMASI PERPUSTAKAAN 
 
Penerapan Teknologi Informasi (TI) saat ini telah menyebar hampir di semua bidang tidak terkecuali di perpustakaan. Perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi merupakan salah satu bidang penerapan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan dari penerapan teknologi informasi bisa kita lihat dari perkembangan jenis perpustakaan yang selalu berkaitan dengan dengan teknologi informasi, diawali dari perpustakaan manual, perpustakaan terautomasi, perpustakaan digital atau cyber library. Ukuran perkembangan jenis perpustakaan  banyak diukur dari penerapan teknologi informasi yang digunakan dan bukan dari skala ukuran lain seperti besar gedung yang digunakan, jumlah koleksi yang tersedia maupun jumlah penggunanya. Kebutuhan akan  TI sangat  berhubungan dengan  peran dari perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang seiring dengan menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan manusia akan informasi. Perpustakaan membagi rata informasi dengan cara mengidentifikasi, mengumpulkan, mengelola dan menyediakanya untuk umum.
            Mengapa otomasi perpustakaan penting?  Otomasi perpustakaan adalah penataan sistem perpustakaan sehingga mudah untuk dioperasikan dan diakses. Komputer merupakan pendukung utama proses otomasi. Otomasi perpustakaan perlu dilakukan dan penting apabila koleksi yang dihimpun telah banyak dan jumlah transaksi per bulan sudah sulit untuk ditangani secara manual, maka untuk menjaga mutu layanan diperlukan otomasi perpustakaan. Perkembangan teknologi informasi, misalnya internet, membuat orang lebih suka menggunakan mesin pencari (search engine) untuk mencari informasi yang mereka butuhkan daripada harus berhubungan dengan perpustakaan dan pustakawan. Pengguna perpustakaan membutuhkan layanan prima dan cepat, apabila mutu layanan perpustakaan tidak ditingkatkan maka keberadaannya dianggap tidak penting, sehingga suatu saat tidak ada yang mengaksesnya lagi.
           
Online Public Access Catalog  atau yang sering disebut dengan OPAC merupakan sebuah teknologi yang membentuk image suatu perpustakaan saat ini. Dimana sekarang ini, suatu lembaga dituntut untuk eksis dalam perkembangan zaman. Dan memberikan pelayanan sepraktis mungkin, maka OPAC inilah salah satu upaya yang tepat untuk memberikan gambaran secanggih apakah perpustakaan itu telah terbangun.
Sebagai Contoh Universitas BINUS merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat mengedepankan IT. Berdasarkan pentingnya otomasi perpustakaan, system otomasi dan fasilitas OPAC dari UPT Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (BiNus) ini telah mengikuti perkembangan IT yang dari waktu kewaktu semakin berkembang secara pesat, segala sesuatu dapat diakses dengan cepat dan tepat dengan adanya OPAC Ubinus atau Digilib Ubinus. Dengan sistem pencarian Basic atau Advanced dalam pencariannya pengguna telah dimudahkan untuk mencari bahan referansi atau informasi dalam berbagai bentuk hanya dengan mengentri subyek kata dalam kotak pencarian kemudian memilih jenis apa yang akan dicari, maka akan muncul hasil yang dicari sesuai subyek yang dimasukan pengguna.
Selain itu pengunjung juga dapat melihat kolesi apa saja yang terbaru. Biasanya ketika membuka web ini akan muncul tampilan “New Collection” jika kita klik ‘view more’ maka kita akan masuk ke halaman ini. Selain itu pengunjung juga dapat melihat koleksi apa saja yang banyak diminati oleh para pengguna perpustakaan BINUS ini.
Dengan adanya Outomasi Perpustakaan diharapkan sebuah perpustakaan dapat meningkatkan pelayanan, mempercepat, mengefisienkan dan mengakurasi pekerjaan. Selain itu ada beberapa kelebihan Outomasi Perpustakaan, antara lain :
  1. Untuk memberi keleluasaan akses informasi
  2. Untuk meningkatkan akses ke perpustakaan lain
  3. Untuk memenuhi tuntutan perkembangan  TI
  4. Untuk meningkatkan prestise/citra
  5. Untuk menyebarkan informasi
  6. Untuk mengembangakan kerjasama dan "resource sharing“
  7. Agar perpustakaan tidak terisolasi
Referensi :
·         http://widodo.staff.uns.ac.id/2011/09/06/materi-kuliah-perpustakaan-digital-pertemuan-i-sejarah-pengertian-konsep-latarbelakang-karakteristik-keunggulan-dan-kelemahan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar