Kamis, 28 Juni 2012

Mulai Saat ini Mari Kita Bangun Indonesia ke Negara lebih Maju dengan Mendirikan Perpustakaan Setiap Daerah Desa dan Pedalaman.


Hemmm...sekarang bingung nih, mau nulis apa lagi...
Kalau sekarng ini kata-katanya nggak formal, ya...buat sharing-sharing aja..hehe..
Oiya sehabis nonton video- video punya teman-teman tentang perpustakaan rasanya ingin membangun perpustakaan di Indonesia seperti perpustakaan yang ada di negara maju, bisa nggak ya?
Tapi sebelum membangun perpustakaan yang bertaraf internasional, apa sih sebenarnya yang diperlukan? Yang pasti pustakawan yang profesional, berfikir kreatif dan inovatif, bisa mengikuti informasi dan teknologi. Tapi untuk membangun perpustakaan yang sedemikian rupa katakanlah perpustkaan dengan koleksi yang banyak sesuai dengan kebutuhan pengguna dan selalu up to date, gedung yang lumayan, fasilitas yang memadai dibutuhkan dana yang besar. nah bagaimana ya caranya mendapatkan dana tersebut? Kalau menurut saya, perpustakaan merupakan sarana pendidikan, rekreasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, kita bisa meminta donatur kepada instansi- instansi pemerintah karena perpustakaan berkaitan erat dalam mengembangkan negara Indonesia. Selain itu juga bisa bekerjasama dengan orang-orang Indonesia yang mempunyai kemampuan yang lebih atau bisa dikatakan orang yang mempunyai ilmu yang lebih spesifik.misalnya saja lulusan dari TI atau mempunyai keahlian dalam bidang TI dan lain-lain. Atau bisa juga bekerja sama dengan pihak luar negeri dalam proses pengembangan perpustakaan.
Namun sebelum membangun perpustakaan, coba lihat terlebih dahulu apakah minat baca masyarakat  baik atau malah sebaiknya. Meskipun perpustakaan itu dirancang bagus sedemikian rupa tapi tidak ada pengunjung, sama artinya perpustakaan tersebut masih belum dikatakan baik. Masyarakat lebih cenderung memperoleh berbagai informasi dengan mengandalkan indera pendengaran dan penglihatan, seperti melalui radio dan televisi.
 Untuk itu bagaimana caranya  untuk meningkatkan minat baca? Yaitu dengan penyuluhan tentang pentingnya membaca, promosi, story telling kepada anak-anak dan masih banyak lagi.
Hanya sedikit yang bisa saya tulis, tunggu postingan saya selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar